PENERAPAN TEKNOLOGI PRODUKSI DAN PEMASARAN PRODUK SABUN LERAK PADA UKM REZA LERAK SEMARANG

Authors

  • Jumi Jumi Politeknik Negeri Semarang
  • Paryono Paryono Politeknik Negeri Semarang
  • Tedjo Mulyono Politeknik Negeri Semarang
  • Achmad Zaenuddin Politeknik Negeri Semarang

DOI:

https://doi.org/10.32497/sitechmas.v2i2.3049

Keywords:

Sabun, Lerak, Aroma Melati, Sapindus rarak, Pencuci batik

Abstract

Pengrajin Sabun Lerak untuk pencuci kain batik adalah Mitra pada program kemitraan masyarakat yang berlokasi di Desa Panggung Lor, Semarang Utara , Semarang Kota. Sabun Lerak   yang dihasilkan adalah “ Sabun Lerak Original” dan “Sabun Lerak Aroma Melati”, keduanya menggunakan bahan baku “Buah Lerak” yang diambil dari pohon lerak atau Sapindus rarak DC. Pohon Lerak merupakan tanaman industri yang berasal dari Asia Tenggara yang dapat tumbuh dengan baik pada hampir semua jenis tanah dan keadaan iklim merupakan tanaman industri yang berasal dari Asia Tenggara yang dapat tumbuh dengan baik pada hampir semua jenis tanah dan keadaan iklim. Permasalahan yang dihadapi oleh mitra adalah dalam memproduksi sabun lerak masih menggunakan peralatan manual berupa pisau pengupas kulit lerak, telenan untuk tatakan pada saat pengupasan, dandang dan kompor gas   untuk merebus daging buah lerak, ember untuk proses pendinginan dan pengendapan, Gelas ukur plastik untuk memasukkan sabun lerak secara manual kedalam botol kemasan serta hairdryer untuk memasang sticker pada saat packaging. Buah lerak dan botol-botol sabun lerak diletakkan berserakan diruang tamu karena belum memiliki rak produk dan ruang produksi yang representatif. Terbatasnya jangkauan pemasaran, pembuatan laporan keuangan masih dilakukan secara manual dan belum menggunakan prinsip akuntansi. Solusi untuk mengatasi permasalahan adalah akan dilakukan penggantian alat pengupas daging buah lerak dengan dengan alat pengupas daging buah lerak secara mekanik. Akan didesain layout ruang pamer dengan pembuatan “Rak tempat botol sabun lerak”. Praktek   dan implementasi pemasaran on-line berbasis web dan update informasi web pemasaran. Diadakan kegiatan praktek   dan menyusun laporan   keunngan menggunakan aplikasi Ms Excel. Target dari pogram PKM ini adalah Jumlah produk sabun lerak original dan sabun lerak aroma melati meningkat 10%, omzet penjualan meningkat 10%, menambah model kemasan produk yang lebih menarik, meningkatkan kemampuan dalam menyusun laporan keuangan berupa HPP dan Laba Rugi, menggunakan aplikasi web untuk memperluas jangkauan   pemasaran, menghasilkan prosiding   atau   Artikel pada jurnal, video kegiatan dan publikasi pada media massa.

Downloads

Published

2021-10-31