PEMANFAATAN LIMBAH PLASTIK KRESEK BERWARNA UNTUK PEMBUATAN BETON RINGAN PENUTUP SALURAN dan BLOK TIANG BENDERA RT 03 dan RT 06/ RW 17 PUCANG SARI DESA BATURSARI KECAMATAN MRANGGEN

Anung Suwarno, Sudarmono Sudarmono, Karnawan Joko Setyono

Abstract


Laporan ini mempresentasikan aplikasi beton limbah kantong plastik untuk perbaikan dinding saluran dan jalan RT 06 dan RT.03 / RW 17 Pucang Sari , Pucang Gading, Mranggen. Dengan aplikasi ini diharapkan masyarakat khususnya tenaga konstruksi bangunan dapat mengerti bagaimana mengolah dan memanfaatkan limbah kantong plastik untuk bahan pengganti sebagian agregat kasar beton bertulang, agar lebih bermanfaat dan mengurangi pencemaran lingkungan. Penggunaan limbah kantong plastik untuk pengganti sebagian agregat kasar untuk perbaikan saluran, dan plat penutup saluran memberikn manfaat bertambahnya lebar jalan perumahan yang relatif sempit untuk kendaraan berpapasan. Campuran pengganti agregat kasar dari limbah kantong plastik pada pengabdian ini diambil dari hasil proporsi penelitian yaitu 33% dari proporsi campuran 1PC: 2Ps : 3 Split. Pelaksanaan pekerjaan dilakukan oleh tenaga tukang yang dibantu oleh masyarakat RT 06 dan RT.03 / RW 17 Pucangsari. Kebutuhan tulangan sebagian disediakan oleh warga yang salurannya dijadikan tempat aplikan. Sedangkan bahan semen, pasir, split dan split LKP disediakan oleh tim pengabdi. Pelaksanaan kegiatan dilakukan setiap hari minggu/ libur dan berjalan selama hampir 8 minggu.

Full Text:

PDF

References


Pratikto, “Beton Ringan Ber-agregat Limbah Botol Plastik jenis PET (Polyethylene Terephthalate)”, Politeknik Negeri Jakarta, 2010, Jakarta.

Ramadhani S, “Pemanfaatan Beton Styrofoam Ringan Untuk Fondasi Sumuran”, Jurnal SMARTek, Universitas Tadulako, 2011, Palu.

Renilaili, “Pemanfaatan Kemasan Plastik Bekas Dalam Campuran Beton Polimer“,Jurnal Ilmiah TEKNO, Universitas Bina Darma, 2013, palembang.

Rismayasari, Y., Utari, Santosa, U.,”Pembuatan Beton dengan Campuran Limbah Plastik dan Karakterisasinya”, Indonesian Journal of Applied Physics, Fakultan MIPA, UNS, 2012, Surakarta.

SOEBANDONO, B., PUJIANTO, A., KURNIAWAN, D., “Perilaku Kuat Tekan dan Kuat Tarik Beton Campuran Limbah Plastik HDPE”, JURNAL ILMIAH SEMESTA TEKNIKA, UMY, 2013, Yogyakarta.

Sudarmono, dkk, “Limbah Kantong Plastik Untuk Campuran Beton Solusi Rumah Murah”,Proseding, Seminar Nasional, SentriNov, 2015, Semarang

Suwarno, Anung, dkk. “Kajian Penggunaan Limbah Plastik Sebagai Campuran Agregat Beton”, Hasil Penelitian DIPA, 2014, Polines, Semarang.

Tjokrodimuljo, K. “Teknologi Beton, KMTS FT UGM, 2007, Yogyakarta.

Wibowo (2005). Kapasitas Lentur, Toughness, dan Stiffness balok beton berserat polyethylene, Tugas Akhir, Jurusan Teknik Sipil, Fakultas Teknik, Universitas Sebelas Maret.

Zuraidah, S, Sudjatmiko, B., Salaudin, E., “Peningkatan Kuat Lentur Pada Beton Dengan Penambahan Fiber Polyprophylene Dan Copper Slag (Terak Tembaga “, Universitas Dr. Sutomo, 2009, Surabaya.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.