PENERAPAN DIGITAL MARKETING DALAM UPAYA PENINGKATAN PENJUALAN TOKO OLEH-OLEH DANISA

Liliek Triyono, Tri Raharjo Yudantoro, Sukamto Sukamto, Idhawati Hestiningsih

Abstract


Toko Oleh-oleh Danisa berdiri tahun 2011, terletak di dekat pintu keluar dan masuk jalan Tol Banyumanik dan dikelilingi oleh pemukiman dan kos mahasiswa. Lokasi yang strategis ini merupakan keuntungan geologi yang harus dimanfaatkan betul hingga yang akan berencana lewat jalur tersebut tidak hanya lewat saja (karena belum tahu ada toko oleh-oleh khas), melainkan juga singgah untuk membeli produk yang disediakan oleh toko Danisa. Perlunya media publikasi yang tepat dan tersebar yang tidak perlu memakan banyak biaya sangat dibutuhkan oleh toko Danisa yang masih dalam kategori Usaha Kecil Menengah (UKM). Kegiatan pengabdian masyarakat kompetitif bertujuan untuk meningkatkan penjualan produk yang dijual pada Toko Oleh-oleh Danisa dengan mode penjualan yang menyesuaikan dengan tren pasar sekarang. Peningkatan ini dilakukan dengan cara memberikan model transaksi dan publikasi yang menggunakan teknologi internet untuk memperluas target lokasi pembeli. Penggunaan transaksi online dengan menggunakan prinsip toko online dipilih karena ketepatan dari permasalahan yang dihadapi oleh Toko Danisa sendiri. Dengan dibangunnya toko online ini tidak serta merta akan langsung mendatangkan banyak pembeli, diharuskan adanya publikasi yang tidak bisa untuk mengarah pasar yang tepat. Salah satunya dengan menggunakan teknik Digital Marketing yang mengoptimalkan toko online dengan kata kunci-kata kunci yang sudah dianalisa sebelumnya. Iklan pada platform ternama seperti Google dan Facebook menjadi pilihan selanjutnya untuk meningkatkan populeritas toko online dan produk dari toko Danisa.  Dari toko online dengan mengupayakan perbaikan SEO yang tepat dan promosi pada platform terkenal tersebut pembeli baru bahkan yang tidak kenal sebelumnya pun akan tahu. Iklan juga dapat disasarkan pada pengguna yang spesifik sehingga produk toko Danisa yang lebih cocok untuk orang dewasa tersebut dapat diiklankan dengan menarget mereka. Kegiatan pengabdian telah berhasil dilakukan, dengan membuatkan website dengan yang ramah SEO dengan nilai 92 pada Lighthouse. Toko online juga memiliki Load Time 5.129s, document complete membutuhkan waktu 5,129s dan Fully loaded membutuhkan waktu 5,526s. Pengujian dilanjutkan dengan pemberian iklan google ads didapatkan 197 pengunjung pada tiga hari pertama, bergantian tiga hari selanjutnya dengan facebook ads didapatkan 206 pengunjung dan ketika tiga hari selanjutnya keduanya diaktifkan didapatkan 437 pengunjung. Pengunjung kebanyakan memakai perangkat mobile untuk mengakses iklan dengan rata-rata untuk seluruh transaksi diangka 93%. Hal ini bisa membantu mempromosikan Toko Danisa  pada warga Internet yang secara langsung akan memperkenalkan produk dan menarik pembeli untuk datang ke Toko Danisa atau bisa memesan lewat fasilitas toko online. Hal ini dilihat dari penyebaran iklan dengan jumlah klik yang menandakan ketertarikan pengunjung untuk melihat-lihat toko meningkat dalam masa iklan. Dengan mempermudah akses pedagang untuk melakukan transaksi lewat mobile dengan Tablet PC dan modem mifi yang menghubungkan penjual dengan pembeli secara langsung.

 

Kata Kunci: Digital Marketing, Toko Online, SEO, Facebook Ads, Google Ads


Full Text:

PDF

References


Enterprise, J. (2017) Trik SEO Untuk Toko Online. Elex Media Komputindo.

Komputer, W. (2013) Android for Online Business. Elex Media Komputindo.

Komputer, W. (2015) Membuat Toko Online Dengan Wordpress & Wp E-Commerce. Elex Media Komputindo.

Rahman, S. (2016) Buku Pintar SEO.

Royan, F. M. (2013) Strategi Sukses Memasarkan Produk Baru. Elex Media Komputindo.

WORKS!, I. (2017) Creative Photo:Foto Produk Murah & Wah! Grasindo.




DOI: http://dx.doi.org/10.32497/sitechmas.v1i1.2233

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


View My Stats