PENGUKURAN TINGKAT KESULITAN SOAL TES MASUK CALON MAHASISWA BARU POLITEKNIK NEGERI SEMARANG

Endang Triyani

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk menjamin kehandalan soal tes masuk melalui jalur SPA dan kerjasama dengan PLN tersebut perlu dilakukan pengukuran tingkat kesulitan soal tes masuk Politeknik Negeri Semarang. Sedangkan mutu tes ditentukan oleh mutu setiap butir soal yang dirakit dalam tes tersebut.
Maka diperlukan anailsis soal yang mana dilakukan untuk menentukan salah satunya tingkat kesulitan Soal, hal ini dimaksudkan agar tes tersebut memliki kemampuan sebagai alat ukur untuk mengukur sasaran ukurnya, dan  agar soal yang diberikan memiliki tingkat konsistensi skor tes yang dicapai peserta tes jika diadakan pengujian ulang (Ahiri, J.2002). Analisis Tingkat Kesulitan Butir Soal Dengan Grafik Kendali (Control Char) menunjukkan hasil yang berimbang nilai batas bawah yang tinggi berkisar antara 0,080 sampai dengan 0,188. Batas bawah ini menunjukkan angka batas butir soal masuk dalam kategori sulit, artinya apabila angka butir berada dibawah garis ini maka masuk dalam kriteria butir yang sulit, sedangkan bila berada diatas garis batas bawah maka butir soal tersebut berada pada batas normal/sedang, dan apabila nilai suatu butir soal berada diatas garis batas atas yang berkisar antara 0,339 sampai dengan 0,47 maka butir tersebut dinyatakan dalam kriteria mudah.
Kata Kunci : Pembuatan Soal, Tinggat kesulitan, Control Char.


Full Text:

Untitled

References


Ahiri, J. 2007. Validitas Dan Reliabilitas Tes, Diskripsi Konsep dan Aplikasi dalam Evaluasi Pendidikan. Jurnal Teknodik no. 13 htm.

Arikunto, S. 2006. Produsen Penelitian Suatu Pendekatan Praktek. Jakarta: Rineka Cipto

Arikunto, S. 2006. Dasar-dasar Evaluasi Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara

Subino. 1987. Konstruksi dan Analisis Tes - Suatu Pengantar kepada Teori Tes dan Pengukuran. Jakarta: Dirjen Dikti Proyek Pengembangan Lembaga Pendidikan Tenaga Kependidikan


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.