ANALISA KINERJA HANDOVER VOIP PADA SISTEM WLAN BERBASIS IEEE.802.21 MIH

Cyntia Widiasari, Dwi Harinitha

Abstract


VOIP merupakan layanan yang memiliki persyaratan QoS yang ketat dalam hal ketepatan waktu dan kualitas suara yang dibutuhkan user pada jaringan WLAN. Beberapa studi telah menunjukkan bahwa mobilitas handover dapat berdampak pada kualitas suara karena keterlambatan proses penyerahan.
Agar komunikasi tidak terputus diperlukan fasilitas Soft Handover, sehingga komunikasi dijamin terus tersambung tanpa perlu melakukan pemanggilan ulang kembali atau inisialisasi ulang.Media Independent Handover merupakan  standar  IEEE  802.21 MIH  yang  dikembangkan untuk  mendukung  handover  antar  teknologi  wireless  yang  berbeda.  Pada penelitian ini dilakukan implementasi dan analisa kinerja handover VOIP pada sistem WLAN. Dengan menggunakan metode Media Independent Handover (MIH) yang dibangun menggunakan Operasi System Linux (ubuntu 12.04) dengan software ODTONE dan server VOIP menggunakan Asterisk. Tujuan dari penelitian ini adalah
untuk mengetahui kualitas komunikasi VOIP pada jaringan WLAN pada saat terjadi handover berdasaran hasil pengukuran parameter QoS berupa delay, jitter dan throughput. Dimana rata-rata nilai delay saat handover sebesar 17,759 ms dengan rata-rata jitter 5,971 ms. Nilai throughput yang dihasilkan berbeda-beda, rata-rata sebesar 31.55 kbps tergantung jumlah data yang dikirim dari setiap pengujian. Semakin banyak paket yang dikirim, nilai throughput yang dihasilkan semakin besar. Jika dibandingkan dengan hasil pengujian pada jaringan tanpa MIH, terlihat bahwa standar IEEE 802.21MIH dapat mengoptimasi layanan QoS VOIP.

Full Text:

Untitled

Refbacks

  • There are currently no refbacks.