MENGUKUR KESUKSESAN SISTEM INFORMASI LAYANAN PUBLIK PAJAK DAERAH SAMSAT ONLINE

Yumita Rahmawati, Sarana Sarana

Abstract


Tujuan dari penelitian ini adalah mengukur kesuksesan Sistem Administrasi
Manunggal dibawah Satu Atap (SAMSAT) Online dengan ImportancePerformance

Analysis (IPA). Untuk mengetahui tingkat kepentingan dan
kinerja serta kesenjangan maka digunakan tiga dimensi kesuksesan sistem
informasi Delone dan Mclean yaitu kualitas sistem, kualitas informasi dan
kualitas layanan. Penelitian ini dilakukan dengan metode survei dengan
kuesioner sebagai alat pengumpulan data primer serta wawancara, observasi
dan studi pustaka untuk pengumpulan data sekunder. Sedangkan
pengambilan sampelnya menggunakan teknik sampling aksidental. Kuesioner
yang disebarkan berjumlah 110 dan 101 kuesioner yang terpenuhi, setara
dengan tingkat respon 91,8%. Untuk mengolah data, digunakan analisis IPA.
Menerapkan IPA dimulai dengan mengembangkan tiga dimensi kesuksesan ke
dalam instrumen kuesioner yang kemudian diberikan kepada responden untuk
dinilai berdasarkan 7 skala ordinal. Kemudian instrumen diplotkan kedalam
peta IPA untuk mengetahui tingkat kepentingan, kinerja dan kesenjangannya.
Hasil penelitian ini adalah semua atribut layanan berada di kuadran kedua.
Tingkat kesenjangan tertinggi terdapat pada atribut layanan kemampuan staf
SAMSAT Online untuk cepat tanggap dalam menghadapi keluhan/ masalah
dari wajib pajak (-0,74), penyampaian informasi yang tepat waktu apabila
terjadi perubahan mekanisme (alur) layanan dan ketentuan pengenaan tarif
pajak (-0,64), ketepatan pengenaan tarif pajak kendaraan bermotor (sesuai
dengan ketentuan perpajakan yang berlaku) (-0,63) dan jaminan keamanan
data identitas wajib pajak dan kendaraan bermotornya (-0,61).


Full Text:

Untitled

Refbacks

  • There are currently no refbacks.