PENGARUH DEBT TO EQUITY RATIO, DIVIDEN PAYOUT RATIO, RETURN ON EQUITY TERHADAP PRICE TO BOOK VALUE

Retno Winarti Handayani

Abstract


Perkembangan harga saham di pasar saham merupakan salah satu faktor yang dianggap oleh para analis dan investor dalam analisis kebijakan mereka di pasar saham. Investor dana diinvestasikan dalam saham adalah sangat peduli dengan hasil yang diharapkan di masa depan, sehingga investor perlu menginvestasikan dana mereka sebelum menganalisis kemampuan perusahaan untuk menghasilkan keuntungan. Pengambilan kebijakan untuk melakukan investasi, investor menggunakan analisis fundamental. Salah satu analisa fundamental yang dapat digunakan untuk melakukan penilaian saham adalah dengan menggunakan Price to Book Value.



Penelitian ini bertujuan untuk menguji Debt to Equity Ratio, Dividend Payout Ratio dan Return on Equity terhadap Price to Book Value.. Populasi dalam penelitian ini adalah audit laporan keuangan perusahaan Real Estate dan Properti listing di Bursa Efek bahwa periode tahun 2007, 2008 dan 2009 yang terkandung di Direktori Pasar Modal Indonesia (ICMD) di 2010.Analysis data menggunakan analisis regresi linier berganda dengan uji asumsi klasik, uji hipotesis t dan F.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa debt to equity ratio dan rasio pembayaran dividen mempengaruhi harga sebagian untuk nilai buku, tetapi return on equity tidak berpengaruh signifikan terhadap harga nilai buku. Hal ini terjadi karena investor mempertimbangkan faktor-faktor yang mempengaruhi PBV dalam berinvestasi di pasar saham. Saran dalam penelitian ini peneliti lebih lanjut diharapkan (1) memperluas sampel yang digunakan sebagai objek penelitian dengan memeriksa semua perusahaan yang go public di Bursa Efek Indonesia dalam rangka untuk mendapatkan hasil penelitian yang lebih baik, (2) menambahkan jenis lain dari faktor fundamental seperti penjualan, total aset, dan leverage perusahaan yang dapat mempengaruhi nilai PBV, (3) menambahkan periode observasi sehingga dapat dilihat berapa lama variabel independen dapat mempengaruhi variabel dependen. Penelitian ini juga memiliki keterbatasan seperti keterbatasan dalam sampel penelitian, hanya menggunakan beberapa variabel yang fundamental perusahaan, periode waktu yang digunakan dalam penelitian ini relatif singkat.


Full Text:

Untitled

Refbacks

  • There are currently no refbacks.