RANCANG BANGUN PENGONTROL PANEL LISTRIK MENGGUNAKAN RADIO FREKUENSI IDENTIFIKASI (RFID)

Suryono Suryono, Supriyati Supriyati

Abstract


Panel listrik adalah peralatan listrik yang berfungsi sebagai pusat untuk mengatur pendistribusian daya listrik dari sumber daya listrik PLN (Perusahaan Listrik Negara) ke instalasi penerangan dan peralatan listrik daya besar. Jika aliran listrik dari PLN padam maka lampu penerangan dan peralatan listrik mati, keadaan ini mengakibatkan kontaktor yang ada di panel listrik menjadi OFF.  Kontaktor digunakan sebagai penghubung dan pemutus peralatan listrik daya besar. Apabila listrik dari PLN menyala kembali maka listrik untuk penerangan akan ikut menyala sedangkan untuk peralatan listrik daya besar masih padam karena kontaktor masih dalam keadaan OFF untuk meng-ON-kan kontaktor maka operator akan menuju ke
panel listrik untuk menekan tombol ON. Pada panel listrik untuk keperluan khusus hanya operator tertentu saja yang dapat menyalakan panelnya, karena untuk  mengontrol panel listrik tersebut digunakan tag atau transponder dari teknologi Radio Frekuensi Identifikasi (RFID) yang dibawa oleh operator peralatan atau mesin tertentu. Dengan demikian hanya orang atau petugas yang membawa tag RFID saja yang dapat mengontrol panel listrik untuk keperluan kusus, sehingga peralatan atau mesin lebih aman karena operator yang tidak membawa tag RFID tidak dapat menyalakan panelnya, untuk mematikannya pada panel tersebut dilengkapi dengan tombol OFF manual.

Kata kunci : panel listrik, kontaktor, instalasi, RFID. Tag.


Full Text:

PDF

References


Persyaratan Umum Instalasi Listrik 2000 (PUIL 2000), Jakarta : Yayasan PUIL.

Kaur, Sandhu, Mohan, RFID Teknology Principle, Advantags, Limitation and Its Applications, International Journal of Computer and Electrical Engineering, Vol. 3, No. 1 February 2011.

Tommy Abu Zairi dkk, 2009, “Rancang Bangun Sistem Parkir Otomatis berbasis Teknologi RFID”, Laporan Skripsi Teknik Elektronika.

Sumita dkk, 2013, “Manajemen Kehadiran Pegawai menggunakan Teknologi RFID”, Laporan Skripsi Teknik Informatika.

Andrianto, Heri. 2013. Pemrograman Mikrokontroller AVR ATMega16 menggunakan bahasa C. Bandung.

Schneider Electric, Building a New Electric World-2012.

Harten, P.Van, 2000 ‘Instalasi Listrik Arus Kuat’, Jakarta : Bina cipta.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.