PEMASARAN BERSAMA BERBASIS ICT SEBAGAI MEDIA PROMOSI ALTERNATIF BAGI UMKM DESA WISATA

Siti Arbainah

Abstract


Konsep pemasaran berorientasi kepada konsumen. Oleh karena
itu pemasaran harus dirancang berdasarkan kebutuhan dan keinginan
konsumen. Di era Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK), informasi
melalui internet menjadi suatu kebutuhan konsumen. Namun hanya
sebagian kecil UMKM di desa wisata Jambearum kabupaten Kendal yang
telah memanfaatkan internet untuk pemasaran. Sebagian besar
pemasaran dilakukan melalui gethok tular; membagi brosur/pamflet/liflet;
mengikuti pameran/bazaar; pemasangan tanda penjualan serta SMS.
Berdasarkan wawancara dengan pengelola UMKM, akhirnya disepakati
untuk melakukan pemasaran bersama berbasis ICT sebagai alternatif
terbaik media promosi. Dari hasil analisis kebutuhan dan perancangan
system maka dibangunlah WEB dengan alamat
www.desawisatajambearum.com dan facebook dengan nama Desa Wisata
Jambearum. Media promosi ini masih terbatas pada empat UMKM
unggulan. Selanjutnya diharapkan dapat dikembangkan menjadi media
promosi yang komprehensif untuk seluruh UMKM di desa wisata
Jambearum Kabupaten Kendal.


Full Text:

Untitled

Refbacks

  • There are currently no refbacks.