PENGARUH PENATAAN LAYOUT KANTOR TERHADAP EFEKTIVITAS KERJA KARYAWAN BAGIAN UMUM DAN KEPEGAWAIAN PADA DINAS PERINDUSTRIAN DAN PERDAGANGAN PROPINSI JAWA TENGAH

Agus Suratno, Mari Yuana

Abstract


Layout Kantor merupakan salah satu faktor utama dari pengembangan produktivitas kerja karyawan baik pemerintah maupun swasta. Pengaturan ruang kantor yang baik dapat membuat kondisi yang nyaman bagi karyawan.Tujuan utama penelitian ini adalah untuk mengetahui tata ruang kantor (layout) pada Dinas Perindustrian dan  Perdagangan,  serta mengetahui pengaruh  layout kantor  terhadap efektivitas kerja karyawan  Bagian Umum dan Personalia Dinas Perindustrian dan Perdagangan Provinsi Jawa Tengah. Metode pengumpulan data dilakukan dengan cara observasi, wawancara, studi pustaka dan kuesioner. Analisa data  30 kuestioner dari responden dikerjakan   mengunakan  penghitungan  linier regresi sederhana,  korelasi, analisa dan  uji koefisien  dengan  Paket Program SPSS. Hasil regresi linier sederhana adalah Y+8,299 + 0,671X, yang berarti bahwa antara layout  kantor dan efektivitas  kerja karyawan mempunyai  korelasi positif.  Analisa korelasi menunjukkan R=0,638 yang  mempunyai pengertian bahwa korelasi antara layout kantor dan efektivitas kerja itu signifikan dan positif.  Uji t dari pengaruh layout kantor terhadap efektifitas kerja  menunjukkan, bahwa thitung: 4,386  lebih besar dari pada ttabel: 2,048 melalui uji samping dari 5%. Hal ini menunjukkan, bahwa H0  ditolak, berarti  layout  kantor mempengaruhi efektivitas kerja karyawan.

Full Text:

Untitled

Refbacks

  • There are currently no refbacks.