PENINGKATAN MANAJEMEN DAN PEMASARAN PERKOPERASIAN

Budhi Adhiani C, MT.

Abstract


Koperasi merupakan suatu usaha perekonomi rakyat yang berwatak s o s i a l y a n g d i k e l o l a b e r d a s a r k a n a t a s a z a s k e k e l u a r g a a n . K e b e r a d a a n n y a ditempatkan s e b a g a i s o k o g u r u p e r e k o n o m i a n n a s i o n a l m a u p u n s e b a g a i b a g i a n i n t e g r a l t a t a p e r e k o n o m i a n n a s i o n a l. M e n g i n g a t s i f a t n y a y a n g u n i k tersebut, untuk mengembangkan koperasi harus benar - benar menerapkan prinsip - prinsip koperasi dan kaidah usaha ekonomi, sehin gga koperasi dapat m e n j a d i o r g a n i s a s i e k o n o m i y a n g m a n t a p , d e m o k r a t i s , o t o n o m , p a r t i s i p a t i f d a n b e r w a t a k s o s i a l . P e r l u p e n i n g k a t a n m a n a j e m e n / p e n g e l o l a a n k o p e r a s i yang lebih efektif dan efisien yang meliputi: otonomi perencanaan usaha di t i n g k a t u n i t u s a h a , h a k s u a r a , k e p u t u s a n u s a h a d a n p e n d e l e g a s i a n n y a , kualitas personalia, tata kerja dan perlakuan terhadap anggota. Disamping p e n i n g k a t a n m a n a j e m e n k o p e r a s i, s e b a g a i l e m b a g a p e m a s a r a n j u g a diperlukan peningkatan 3 (tiga) fungsi pemasaran, yaitu : fungsi pe njualan, f u n g s i p e m b e l i a n d a n f u n g s i p r o m o s i. L e b i h l a n j u t , d i u s u l k a n p u l a p e n i n g k a t a n p e r a n a n k o p e r a s i d a l a m m e m p e r s i n g k a t s a l u r a n p e m a s a r a n , diversifikasi produk dan peningkatan informasi pasar.

Full Text:

Untitled

Refbacks

  • There are currently no refbacks.